Assignment 2 : Penggunaan Article A, An, The
Article a/an/ the sangat penting untuk dipelajari bagi pembelajar bahasa
Inggris yang berangkat dari bahasa ibu Indonesia. Kelupaan dalam mencantumkan
atau kesalahan penggunaan selain secara gramatika dianggap salah, juga kadang
bisa berakibat kesalahpahaman dalam memberikan makna.
Padanan kata untuk article bahasa Inggris a/ an/ the memang ada dalam bahasa Indonesia, tapi penggunaanya tidak sepenting seperti artikela/an/the dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, bisa dipahami bila pembelajar bahasa Inggris dari Indonesia sering lupa mencantumkan article a/an/ the di depan kata benda atau salah dalam menggunakan article, terutama dalam penggunaan article the.
Article a/ an bisa dipadankan dengan kata 'se-' dalam 'sebuah/ seekor/ selembar ...dan sebagainya', tapi penggunaanya berbeda dengan bahasa Inggris a/an. Ketiadaan 'se-' umumnya tidak berakibat apa pun dalam bahasa Indonesia. Sebagai contoh, kita bisa saja mengatakan 'Ada sebuah mobil di belakang kita' atau cukup 'Ada mobil di belakang kita'. Kalau orang mau menegaskan bahwa jumlahnya dua, baru dia akan mengatakan ' Ada dua mobil di belakang kita'. Tidak demikian halnya dengan article a/ an/ thebahasa Inggris.
Article the ada yang bisa diterjemahkan menjadi 'tersebut' atau 'itu', tapi tidak selalu, karena article the digunakan dalam beberapa konteks. Ketiadaan atau kesalahan penggunaan article the sangat memungkinkan terjadinya kesalahpahaman.
Contoh:
Jack : Look! There is a girl standing near the library. She is cute, isn't she?
John: I know the girl. She is my sister's colleague.
Dalam contoh di atas, bila yang dimaksud John adalah gadis yang disebut oleh Jack yang ada di dekat perpustakaan (library), dia harus menggunakan article the. Bila John menggunakan article a dan menjadi a girl, maka a girl itu bukan gadis yang disebut Jack, tapi seorang gadis lain.
Padanan kata untuk article bahasa Inggris a/ an/ the memang ada dalam bahasa Indonesia, tapi penggunaanya tidak sepenting seperti artikela/an/the dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, bisa dipahami bila pembelajar bahasa Inggris dari Indonesia sering lupa mencantumkan article a/an/ the di depan kata benda atau salah dalam menggunakan article, terutama dalam penggunaan article the.
Article a/ an bisa dipadankan dengan kata 'se-' dalam 'sebuah/ seekor/ selembar ...dan sebagainya', tapi penggunaanya berbeda dengan bahasa Inggris a/an. Ketiadaan 'se-' umumnya tidak berakibat apa pun dalam bahasa Indonesia. Sebagai contoh, kita bisa saja mengatakan 'Ada sebuah mobil di belakang kita' atau cukup 'Ada mobil di belakang kita'. Kalau orang mau menegaskan bahwa jumlahnya dua, baru dia akan mengatakan ' Ada dua mobil di belakang kita'. Tidak demikian halnya dengan article a/ an/ thebahasa Inggris.
Article the ada yang bisa diterjemahkan menjadi 'tersebut' atau 'itu', tapi tidak selalu, karena article the digunakan dalam beberapa konteks. Ketiadaan atau kesalahan penggunaan article the sangat memungkinkan terjadinya kesalahpahaman.
Contoh:
Jack : Look! There is a girl standing near the library. She is cute, isn't she?
John: I know the girl. She is my sister's colleague.
Dalam contoh di atas, bila yang dimaksud John adalah gadis yang disebut oleh Jack yang ada di dekat perpustakaan (library), dia harus menggunakan article the. Bila John menggunakan article a dan menjadi a girl, maka a girl itu bukan gadis yang disebut Jack, tapi seorang gadis lain.
·
Artikel a/ an terletak
sebelum kata benda. Article a/an hanya me 'modify'
(menerangkan) kata benda tunggal.
·
Article a/ an bisa
berarti : satu ---> suatu/ sebuah/ seekor/ seorang/ …
·
A /an digunakan untuk :
1.
membuat pernyataan umum (general):
satu mewakili seluruhnya
Contoh:
Contoh:
A whale is a mammal.
= Whales are mammals. (Paus adalah mamalia)
A puppy is a young
dog. = Puppies are young dogs. (Puppy adalah
anak anjing)
An elephant
is a very large plant-eating mammal. = Elephants are very large plant-eating
mammals. (Gajah adalah mamalia pemakan tumbuhan yang sangat besar)
A giraffe
eats plants. = Giraffes eat plants. (Jerapah makan
tanaman)
2.
menyebut kata benda tunggal sebagai
subject atau object suatu kalimat yang belum pernah disebut dalam kalimat
sebelumnya.
Contoh:
I saw a boy in the street. He is wearing a white T-shirt and blue shorts. (Saya melihat seorang anak laki-laki di jalan tersebut. Dia mengenakan kemeja berwarna putih dan celana pendek berwarna biru)
A girl is standing near the cashier. The girl looks very busy with her shopping. (Seorang gadis sedang berdiri dekat dengan kasir. Gadis tersebut tampak sangat sibuk dengan belanjaannya)
Contoh:
I saw a boy in the street. He is wearing a white T-shirt and blue shorts. (Saya melihat seorang anak laki-laki di jalan tersebut. Dia mengenakan kemeja berwarna putih dan celana pendek berwarna biru)
A girl is standing near the cashier. The girl looks very busy with her shopping. (Seorang gadis sedang berdiri dekat dengan kasir. Gadis tersebut tampak sangat sibuk dengan belanjaannya)
·
Article a digunakan
sebelum kata benda yang mulai dengan huruf yang berbunyi konsonan.
Bunyi konsonan bahasa Imggris adalah /b/, /d/ , /f/, /g/, /h/, /k/, /l/, /m/,
/n/, /p/, /r/, /s/, /t/, /v/, /w/, /j/, /z/, /ŋ/, /ð/, /θ/, /ʒ/, /ʃ/, /ʧ/, /ʤ/
/x/
Contoh: a corner, a mountain
Contoh: a corner, a mountain
·
Article an digunakan
sebelum kata benda yang dimulai dengan huruf berbunyi vowel dan diphtong Bunyi vowel bahasa
Inggris adalah /ɑ:/,/ʌ/, /ɔ:/, /ɒ/, /ɜ:/, /e/, /æ /, /ə/, /i:/,
/i/, /ɪ/, /u:/, /ʊ/, /u/, sedangkan bunyi diphtong bahasa
Inggris adalah: /aɪ/, /aʊ/, /eə/, /eɪ/, /əʊ/, /ɔɪ/, /ɪə/,/iə/, /ʊə/, /uə/,
/aɪə/ , /eɪə/, /əʊə/ /ɔɪə/
Contoh: an elephant; an apple; an onion; an uncle; an umbrella
Contoh: an elephant; an apple; an onion; an uncle; an umbrella
·
Beberapa kata benda dimulai dengan
huruf konsonan tapi bunyinyavowel, jadi article yang digunakan adalah an.
Contoh: an hour (1 jam), dibaca : /ən aʊə/
Contoh: an hour (1 jam), dibaca : /ən aʊə/
·
Beberapa kata benda dimulai dengan huruf vowel
tapi bunyinyakonsonan, jadi article yang digunakan adalah a
Contoh:
Contoh:
a house (sebuah rumah)
a uniform (sebuah seragam)
a home (sebuah rumah tempat tinggal)
a university
(sebuah universitas)
a half
(setengah)
a union
(sebuah uni)
·
Bila kata benda tersebut memiliki
kata sifat atau kata benda yang berfungsi sebagai kata sifat, penggunaan
article a/ an ditentukan oleh bunyi kata sifat atau kata benda
yang berfungsi sebagai kata sifat tersebut.
Contoh:
Contoh:
an umbrella
→ a white umbrella
an apple
→ a red apple
a boy
→ an honest boy
a student
→ a university student
·
Article the digunakan
untuk mengacu kata benda yang sudah sama-sama diketahui oleh si pembicara/
penulis dan si pendengar/ pembaca. Kedua pihak sudah saling mengetahui kata
benda yang mana yang dimaksud/ diacu karena:
·
Suatu benda bisa sama-sama diketahui
karena benda itu sudah disebutkan dalam kalimat sebelumnya.
Contoh:
a. There was once a woodcutter who was too poor even to feed his seven son. One day, the woodcutter got an idea.
(Terjemahan bebas: Ada seorang penebang kayu yang sangat miskin bahkan meskipun hanya untuk sekedar memberi makan ke tujuh anaknya. Suatu hari, pemburu tersebut memperoleh gagasan)
The woodcutter yang disebut dalam kalimat kedua adalahwoodcutter yang sama dengan a woodcutter yang disebut dalam kalimat pertama. Andaikata kalimat kedua juga menggunakan frase benda a woodcutter, maka a woodcutter dalam kalimat kedua itu orang yang berbeda dengan a woodcutter dalam kalimat pertama.
b. One windy morning, Poppy was coming back from a market. She held a basket on one arm and an umbrella in her other hand. Suddenly, a gust of wind blew the umbrella from her hand.
(Terjemahan bebas: Di suatu pagi yang dimana angin bertiup sedikit kencang, Poppy baru saja pulang kembali dari pasar. Dia memegang sebuah keranjang di salah satu tangannya dan sebuah payung di tangannya yang lain. Tiba-tiba, tiupan angin yang kencing menerbangkan payung tersebut dari tangannya)
The umbrella yang ditiup angin dalam kalimat kedua adalah umbrellayang sama dengan an umbrella yang dipegang Poppy dalam kalimat pertama. Andaikata kalimat kedua juga menggunakan frase an umbrella, maka umbrella ini adalah umbrella yang berbeda denganumbrella yang ada dalam kalimat pertama.
Contoh:
a. There was once a woodcutter who was too poor even to feed his seven son. One day, the woodcutter got an idea.
(Terjemahan bebas: Ada seorang penebang kayu yang sangat miskin bahkan meskipun hanya untuk sekedar memberi makan ke tujuh anaknya. Suatu hari, pemburu tersebut memperoleh gagasan)
The woodcutter yang disebut dalam kalimat kedua adalahwoodcutter yang sama dengan a woodcutter yang disebut dalam kalimat pertama. Andaikata kalimat kedua juga menggunakan frase benda a woodcutter, maka a woodcutter dalam kalimat kedua itu orang yang berbeda dengan a woodcutter dalam kalimat pertama.
b. One windy morning, Poppy was coming back from a market. She held a basket on one arm and an umbrella in her other hand. Suddenly, a gust of wind blew the umbrella from her hand.
(Terjemahan bebas: Di suatu pagi yang dimana angin bertiup sedikit kencang, Poppy baru saja pulang kembali dari pasar. Dia memegang sebuah keranjang di salah satu tangannya dan sebuah payung di tangannya yang lain. Tiba-tiba, tiupan angin yang kencing menerbangkan payung tersebut dari tangannya)
The umbrella yang ditiup angin dalam kalimat kedua adalah umbrellayang sama dengan an umbrella yang dipegang Poppy dalam kalimat pertama. Andaikata kalimat kedua juga menggunakan frase an umbrella, maka umbrella ini adalah umbrella yang berbeda denganumbrella yang ada dalam kalimat pertama.
·
Suatu kata benda sama-sama diketahui
oleh si pembicara dan pendengar karena berdasarkan pengetahuan umum, benda itu
diketahui sebagai satu-satunya di suatu wilayah tertentu ,
jadi tidak mungkin keliru dengan benda lain. Benda tersebut merupakan
satu-satunya:
1.
di dunia
Contoh:
Contoh:
the earth (bumi)
the moon (bulan)
the sky (langit)
the universe ( alam semesta)
Penjelasan:
Kalau seseorang menyebut the moon semua orang sudah tahu moon mana yang dimaksud, meski belum disebut dalam kalimat sebelumnya. Orang lain tidak perlu bertanya moon mana yang dimaksud, karena memang hanya ada satu itu di bumi kita. Tapi kalau seseorang menyebut the star (bintang) orang lain perlu tahu star mana yang dimaksud si pembicara, karena ada banyakstar di atas bumi ini. Star mana yang dimaksud harus sudah disebut dalam kalimat sebelumnya atau star itu ditunjuk secara langsung, dengan tangan misalnya.
Contoh:
Kalau seseorang menyebut the moon semua orang sudah tahu moon mana yang dimaksud, meski belum disebut dalam kalimat sebelumnya. Orang lain tidak perlu bertanya moon mana yang dimaksud, karena memang hanya ada satu itu di bumi kita. Tapi kalau seseorang menyebut the star (bintang) orang lain perlu tahu star mana yang dimaksud si pembicara, karena ada banyakstar di atas bumi ini. Star mana yang dimaksud harus sudah disebut dalam kalimat sebelumnya atau star itu ditunjuk secara langsung, dengan tangan misalnya.
Contoh:
The moon is beautiful.
The sun is shining so brightly.
2.
di suatu negara
Contoh:
Contoh:
the president (Presiden)
the prime minister (Perdana Menteri)
the king / the queen (Sang Raja/
Sang Ratu)
the national anthem (lagu
kebangsaan)
......etc
Contoh Kalimat:
The president is delivering his speech on television.
Queen Elizabeth II is the monarch of Great Britain.
The president is delivering his speech on television.
Queen Elizabeth II is the monarch of Great Britain.
3.
di wilayah tertentu: provinsi, kota,
kecamatan
Di wilayah propinsi:
Contoh:
What is the capital city of Central Java? (Apa nama ibukota Jawa Tengah?)
Do you know who the governor of Central Java province is? (Tahukah anda siapa gubernur Jawa Tengah)
Tomorrow the governor will come to Magelang. (Besuk Bapak Gubernur akan datang ke Magelang)
Keterangan: Penduduk provinsi Jawa Tengah bisa menyebut gubernur dengan the governor karena sesama penduduk Jawa Tengah sudah tahu siapa yang dimaksud, tidak mungkin keliru dengan orang lain, karena di Jawa Tengah hanya ada 1 gubernur.
Di wilayah propinsi:
Contoh:
What is the capital city of Central Java? (Apa nama ibukota Jawa Tengah?)
Do you know who the governor of Central Java province is? (Tahukah anda siapa gubernur Jawa Tengah)
Tomorrow the governor will come to Magelang. (Besuk Bapak Gubernur akan datang ke Magelang)
Keterangan: Penduduk provinsi Jawa Tengah bisa menyebut gubernur dengan the governor karena sesama penduduk Jawa Tengah sudah tahu siapa yang dimaksud, tidak mungkin keliru dengan orang lain, karena di Jawa Tengah hanya ada 1 gubernur.
4.
Di wilayah kota /kabupaten/ kecamatan/desa
Bila di suatu wilayah kata benda tersebut merupakan satu-satunya , maka kata itu bisa disebut dengan article the.
Bila di suatu wilayah kata benda tersebut merupakan satu-satunya , maka kata itu bisa disebut dengan article the.
the hospital (rumah sakit)
the police station (kantor polisi)
the post office (kantor pos)
Contoh: Mother is going to the
hospital. (Ibu sedang pergi ke rumah sakit)
5.
Di lingkungan tertentu: sekolah,
kelas, rumah, kantor dsb.
Dalam lingkungan suatu sekolah, para penghuninya bisa menyebut apa saja yang hanya ada satu di sekolah itu dengan the.... Untuk menyebut benda yang hanya merupakan satu dari sekian banyak kita menggunakan a/ an ...
Contoh:
Dalam lingkungan suatu sekolah, para penghuninya bisa menyebut apa saja yang hanya ada satu di sekolah itu dengan the.... Untuk menyebut benda yang hanya merupakan satu dari sekian banyak kita menggunakan a/ an ...
Contoh:
1.
The
headmaster is working at his desk in his room.
(Kepala sekolah di sekolah itu hanya satu)
2.
Mr Suroyo is a headmaster,
and Mrs Suroyo is a nurse. (Dia hanya salah satu kepala sekolah dari banyak
kepala sekolah di dunia ini)
3.
Mr Budi is the headmaster of
SMP N 1 Tegalrejo. (satu-satunya kepala sekolah di SMP itu)
4.
Mr Heru is the teacher of
SMP N 1 Tegalrejo. (Salah. Ada banyak guru di sekolah itu)
5.
Mr Hendra is a teacher of
SMP N 1 Tegalrejo. (betul)
6.
Agung is the student of SMP N 1
Magelang. (Salah. Ada banyak siswa di sekolah itu)
7.
Agung is a student of SMPN 1
Magelang. (betul)
8.
Look at this photo. This photo is
taken at SMP N Tegalrejo Magelang. These are the teachers , and
these are the students. The man over there is the
headmaster. And look! These are the gardeners.
9.
Is your mother in the
kitchen? (Kata the kitchen hanya mengacu pada dapur yang
ada di rumah tersebut, dan hanya satu-satunya di rumah itu)
·
Suatu kata benda sama-sama diketahui
oleh si pembicara dan pendengar karena berdasarkan konteks, benda
yang dimaksud adalah benda yang ada dalam konteks kalimat.
Contoh:
Contoh:
No students knew the answers to
the the teacher's questions.
(Answers yang dimaksud
adalah jawaban dari pertanyaan guru tersebut)
The judge asked the witness to tell the
truth.
(Hakim meminta saksi mata untuk mengatakan yang sebenarnya)
Keterangan: hakim, saksi, dan kebenaran adalah dalam satu konteks suatu persidangan.
(Hakim meminta saksi mata untuk mengatakan yang sebenarnya)
Keterangan: hakim, saksi, dan kebenaran adalah dalam satu konteks suatu persidangan.
·
Article the digunakan
di depan kata benda yang diterangkan dengan sebuah frase/ klausa sehingga
memperjelas konteks benda itulah satu-satunya yang dimaksud.
Contoh:
The chair that you are sitting in is broken. (Kursi yang sedang kamu duduki rusak)
Keterangan: Klausa that you are sitting in memperjelas kursi mana yang dimaksud. Satu-satunya kursi yang diduduki hanya satu, jadi kursi itulah yang patah.
Contoh:
The chair that you are sitting in is broken. (Kursi yang sedang kamu duduki rusak)
Keterangan: Klausa that you are sitting in memperjelas kursi mana yang dimaksud. Satu-satunya kursi yang diduduki hanya satu, jadi kursi itulah yang patah.
The butter on the table is not good anymore. (Mentega yang ada di
atas meja tidak baik lagi)
Keterangan: Frase on the
table menegaskan mentega mana yang dimaksud )
·
Kecuali untuk arti tertentu,
biasanya kata benda berikut ini tidak menggunakan article the di
depannya:
breakfast; lunch; dinner; school; church; home; college;
Contoh:
breakfast; lunch; dinner; school; church; home; college;
Contoh:
1.
What will we eat for breakfast ?
(Apa yang akan kita makan untuk sarapan pagi?)
2.
They had lunch in a
restaurant yesterday. (Mereka makan siang di sebuah restoran kemarin)
3.
We go to school by
bus. (Kami pergi ke sekolah naik bus)
4.
She always go to church on
Sunday. (Dia selalu pergi ke gerja pada hari Minggu)
5.
Are you going to go home now?
(Apakah kamu akan pulang ke rumah sekarang?)
6.
She will go to college this
year. (Dia akan masuk perguruan tinggi tahun depan)
·
Article the digunakan
untuk :
1.
frase benda yang terdiri dari “ ordinal
number + kata benda ”
the First World War (Perang Dunia
yang pertama)
the third chapter (bab ketiga)
the second paragraph (paragraf
kedua)
the first line (baris pertama)
2.
nama ocean (samudera) ---> the
Atlantic Ocean (Samudera Atlantik)
river (sungai) ---> the Elo river
(sungai Elo)
sea (laut) ---> the Red Sea (Laut
Merah)
gulf (teluk) ---> the Persian
Gulf (teluk Persi)
3.
plura lakes (danau ) ---> the
Great Lakes
4.
nama mountains (pegunungan):
the Rocky Mountains
the Rocky Mountains
the Andes
the Alpens
5.
nama university (universitas)
the University of Florida = Florida
University
the University of Gajah Mada = Gajah
Mada University
6.
nama negara tertentu
the United States (Amerika Serikat)
the South African Republic (Republik
Afrika Selatan)
the Netherlands (Negara Belanda)
the Philippines (Filipina)
7.
nama dokumen/ bangunan bersejarah
the magna Charta
the Statue of Liberty
8.
nama ethnic group
the Indians
the Aztecs
the Chinese
·
Article “the” tidak digunakan untuk:
1.
nama singular lake (danau)
Lake Toba (Danau Toba)
Lake Samosir (Danau Samosir)
2.
nama mount (gunung)
Mount Everest
Mount Merapi
3.
frase benda yang terdiri dari “ kata
benda + cardinal number ”
World War One = the First World War
chapter four = the fourth chapter
paragraph three = the third
paragraph
line one = the first line
4.
nama planet, nama negara yang
terdiri dari satu kata, nama benua, nama kota/kecamatan/ desa
Mars
Indonesia
China
Europe (Eropa)
South America (Amerika Selatan)
Magelang (nama sebuah kota di Jawa
Tengah)
Kramat (nama sebuah desa di kota
Magelang)
5.
nama olahraga, mata pelajaran, liburan
Contoh:
Contoh:
He likes basketball. (Dia suka basket)
Can you play violin? (Dapatkah kau bermain biola?)
He is good at mathematics. (Dia pintar dalam
matematika)
Comments
Post a Comment