tugas 2 Manajemen Pemasaran Era Rev.Industri


Nama : Rafika Desi Fianti
NPM : 15216951
Kelas : 4EA17


Tugas 2 Manajemen Pemasaran Revolusi Industri

1.      Jelaskan aspek budaya dan pendekatan analitis factor-faktor budaya
-          Jelaskan negosiasi, produk instri dan konsumen
-          Buatkan routemap dari tema lingkungan social budaya dan manfaatnya dalam negosiasi bisnis
Jawab :
Budaya merupakan tingkah laku yang dipelajari, yang diturunkan dari satugenerasi ke generasi berikutnya, sulit bagi seseorang dari luar kalangan yang tidak berpengalaman atau tidak terlatih untuk memahaminya. Dari sudut pandang pemasaran budaya ini sangatlah penting dan seorang pemasar perlu memberikan respons pada semua jalan hidup dan nilai, ide, sikap apakah itu diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya atau tidak?
Seorang pemasar harus memperhatikan persamaan dan perbedaan budaya, sehingga dapat melakukan standardisasi berbagai aspek program pemasarannya seperti rancangan produk dan komunikasi yang merupakan dua unsur pokok dalam program pemasaran. Kemampuan untuk berkomunikasi dalam bahasa orang lain, hal ini terjadi terutama kalau bahasa dan budaya berbeda.

·         Pendekatan analitis faktor-faktor budaya
Alasan mengapa faktor-faktor budaya merupakan tantangan bagi pemasar global adalah bahwa semua ini tidak mudah terlihat. Budaya merupakan tingkah laku yang mudah dipelajari, yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya, sulit bagi seseorang keluar dari kalangan yang tidak berpengalaman atau tidak terlatih untuk memahaminya. Dalam mencari budaya yang universal, suatu teori yang amat berguna mengenai motivasi manusia dikembangkan oleh Maslow. Maslow membuat hipotesis bahwa keinginan manusia dapat tersusun menjadi kebutuhan potensi relatif berjenjang. Setelah kebutuhan “yang lebih rendah” terpenuhi, kebutuhan lain atau yang lebih tinggi akan segera muncul untuk mendominasi individu tersebut.

-          Negosiasi : tantangan lintas budaya
Salah satu peluang baik untuk menerapkan pengetahuan dan pemahaman mengenai perbedaan lintas budaya adalah negosiasi. Negosiasi adalah proses komunikasi antara penjual dan calon pembeli baik perorangan maupun kelompok yang di dalamnya terjadi diskusi dan perundingan untuk mencapai kesepakatan tujuan yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Dalam negosiasi internasional, para pemasar internasional berhadapan dengan mitra kerja yang latar belakang budaya beraneka ragam.

 Produk Industri
Berbagai faktor budaya mempunyai pengaruh penting pada pemasaran produk industry dan harus dikenali dalam merumuskan rencana pemasaran. Dan seorang pemasar harus mempunyai sikap yang gigih untuk kesuksesan usaha pemasarannya.

Produk Konsumen
Perbedaan budaya terhadap produk konsumen lebih sensitive dibandingkan produk industry karena tergantung pada kelas social, pendapatan dan berpengaruh terhadap tingkah laku konsumsi, penggunaan media, dan kepemilikan barang yang tahan lama
-          Route Map Lingkungan Sosial Budaya :
Wal-Mart didirikan pada tahun 1962 oleh Sam Walton di Arkansas, yang terus berkembang sampai menjadi perusahaan retail terbesar di dunia. Perusahaan ini mulai go international pada tahun 1991 di Meksiko. Wal-Mart saat itu melakukan joint-venture dengan pe-retail lokal terbesar, yaitu Cifera. Pada awalnya, Wal-Mart menghadapi masalah mengenai sistem distribusi yang efisien, diantaranya diakibatkan oleh infrastruktur yang kurang baik, jalan yang padat, dan kurangnya leverasi dengan pemasok lokal. Hal ini mempengaruhi pengiriman ke toko Wal-Mart dan pusat distribusinya, sehingga mengakibatkan stock barang bermasalah dan berpengaruh ke biaya. Selain itu, ada masalah dengan produk yang kurang kompetitif.
Pada pertengahan 1990an, Wal-Mart telah menyadari dan mempelajari bahwa ia kurang menyesuaikan dengan kondisi lokal Meksiko. Oleh sebab itu, Wal-Mart melakukan partnership dengan perusahaan angkutan truk setempat, yang sangat membantu sistem distribusinya. Produk yang dijual juga kini lebih disesuaikan dengan selera lokal. Sementara keberadaan Wal-Mart terus berkembang, pemasok-pemasok mulai membangun pabrik di sekitar lokasi Wal-Mart. Hasilnya, biaya persediaan menjadi semakin rendah. Perusahaan terus mengembangkan tokonya di Meksiko sampai akhirnya memiliki 670 toko pada tahun 2004.
Pengalaman dengan Meksiko ini memberi keyakinan bahwa mereka dapat bersaing di luar Amerika. Wal-Mart kemudian menambah operasinya di negara-negara lainnya seperti China, Jerman, Brasil, Jepang, Kanada, dan Korea selatan.
Wal-Mart disini menangkap peluang untuk menjadi perusahaan global dengan memulai operasi internasionalnya lebih cepat dari pesaing. Meskipun pada awalnya Wal-Mart kurang melakukan analisis terhadap pemasok dan konsumen (pada level industri atau lingkungan kerja) dan jaringan transportasi (pada level umum atau lingkungan societal), namun perusahaan dengan tepat memperbaiki kesalahannya dan mampu terus berkembang.
Manfaatnya dalam negosiasi bisnis yaitu pemahaman yang lebih baik dari harapan dan prilaku pelanggan, kemampuan untuk mengukur nilai pelanggan kepada perusahaan, menurunkan akuisisi pelanggan dan biaya, kemampuan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan pelanggan di negara-negara dimana akses ke saluran tradisional terbatas.

2.      Jelaskan hukum internasional, organisasi kawasan, lisensi anti trust
-          Berikan contoh perusahaan yang mendapatkan lisensi dari Negara atau lembaga asing.
Jawab :
Hukum Internasioanal dapat didefinisikan sebagai peraturan dan prinsip yang dipandang mengikat oleh berbagai negara dan bangsa. Ada dua kategori hukum internasional: hukum publik atau hukum internasional dan hukum perdagangan internasional. Hukum internasional menyangkut bidang perdagangan dan bidang lain yang secara tradisional berada di bawah yuridiksi dari masing-masing bangsa. Hukum inetrnasional awalnya mengenai pernyataan perang, menetapkan perdamaian, dan isu politik yang lain seperti pengakuan pengakuan diplomatik atas kesatuan negara dan pemerintah yang baru.
Organisasi kawasannya kedaulatan suatu negara berarti bahwa pemerintah Negara tersebut memegang pengawasan kegiatan ekonomi dalam batas-batas Negara. Generalisasi ini ditempatkan menurut dua kriteria penting: Tahap perkembangan Negara bersangkutan, yaitu: Negara maju, Negara berkembang dan Sistem politik dan ekonomi yang diterapkan dalam Negara tersebut, yaitu: ekonomi yangdiperintah atau direncanakan secara sentral dengan system politik sosialis atau komunis, kapitalistik demokrasi berorientasi pasar, atau sistim ekonomi dan politik campuran. Jadi berbagai Negara menguasai perkembangan industry atau ekonomi mereka sendiri termasuk menjalankan praktek hambatan untuk mempromosikan maupun melindungi sector ekonomi Negara sendiri.
Lisensi merupakan cara yang mudah bagi produsen untuk terlibat dalam pemasaran internasional. Pemneri lisensi memberi izin kepada perusahaan asing untuk menggunakan proses manufaktur, merek dagang, paten, rahasia dagang atau jenis nilai lain untuk mendapatkan fee atau royalty. Lisensi masuk pasar luar negeri dengan sedikit resiko, pemegang lisensi memperoleh keahlian produksi dengan nama terkenal tanpa harus memulai dari awal. Untuk menghindari terjadinya pesaing dimasa depan pihak pemberi lisensi biasanya memberi atau memasok beberapa komponen pemilik yang dibutuhkan dalam produk itu. Namun harapan utamanya adalah agar pemegang lisensi memimpin dalam inovasi sehingga licencee akan terus bergantung pada licencor ini.
Antitrust merupakan hukum atau Undang-Undang "Antipakat" (antitrust) atau hukum/undang-undang persaingan, merupakan peraturan melawan kebiasaan dagang yang merendahkan persaingan atau dianggap tidak adil. Istilah antitrust diambil dari hukum Amerika Serikat yang awalnya dibuat untuk memerangi bisnis trust - sekarang umum dikenal sebagai kartel.
Contoh perusahaan yang mendapatkan lisensi dari Negara/ lembaga asing adalah Toyota Astra Indonesia mendapat lisensi dari Toyota di Jepang


Referensi :
https://www.slideshare.net/sigitvolcanosanjaya/social-and-culture-environment
http://ucimbalabala.blogspot.com/2017/12/bisnis-internasional.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
https://naufalrizfa.wordpress.com/2018/11/09/lingkungan-sosial-budaya-dan-aspek-aspeknya-serta-contoh-kasus-yang-terjadi-di-masyarakat/

Comments

Popular posts from this blog

my best friend

Employment issues